Jumat, 08 April 2011

museum arkeolog Pejeng- Bali

Zaman prasejarah Bali merupakan awal dari sejarah masyarakat Bali, yang ditandai oleh kehidupan masyarakat pada masa itu yang belum mengenal tulisan. Walaupun pada zaman prasejarah ini belum dikenal tulisan untuk menuliskan riwayat kehidupannya, tetapi berbagai bukti tentang kehidupan pada masyarakat pada masa itu dapat pula menuturkan kembali keadaanya Zaman prasejarah berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama.


di musem ini ada yang namanya gedong arca. Gedong arca ini merupakan museum Lapangan (field archaelogical museum). Dibangun sejak tahun 1960 dibawah asuhan Dinas Purbakala Bali, dan karena berbagai hal baru pada tahun 1974 dapat dibuka secara resmi. Di Gedong arca ini terdapat koleksi benda-benda Purbakala yang berasal dari jaman prea sejarah Bali dan dari jaman Sejarah Bali.
Museum Gedong Arca ini terletak diantara Desa Pejeng dan Desa Bedulu, di tepi jalan raya menuju Tampak Siring. Jarak dari Pura Penataran Sasih ke arah Selatan lebih kurang 400 m.
Para wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara banyak mengunjungi museum ini baik bertujuan hanya untuk melihat benda-benda purbakala maupun mengadakan penelitian.
Diantara koleksi benda-benda prasejarah ini terdapat juga alat-alat dari batu, tulang dan lain-lainnya. Yang sangat menarik perhatian ialah beberapa buah peti mayat (Sarkofagus) yang berasal dari berbagai tempat di Bali. Pada umumnya seperti kura-kura, mempunyai tonjolan padas sisi depan dan sisi belakangnya atau pada sisi sampingnya. Diantara tonjolan-tonjolan ini ada yang dihiasi dengan pahatan kedok muka yang memperlihatan mata bulat atau membelalak, mulut menganga atau melawak dengan mengeluarkan lidah. Koleksi lainnya adalah stupika dari Pejeng, arca perunggu dan lain-lainnya.


3 komentar: